Kamis, 11 Agustus 2011

Keputihan pada wanita hamil

Keputihan terjadi jika vagina mengeluarkan semacam lendir atau cairan seperti nanah. Setiap wanita secara regular akan mengeluaran sedikit cairan vagina, yang jernih, menyerupai warna susu atau sedikit kekuningan.

Jika pengeluaran cairan ini tidak menimbulkan rasa gatal atau tidak berbau busuk, mungkin hal ini bukan merupakan masalah. Sering kali seorang wanita, terutama selama masa kehamilan, mengalami keputihan yang disertai rasa gatal di dalam vagina.

Beberapa ideas mengobati Keputihan (secara umum)

1. Bersihkan vagina secara teratur dengan menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar susu
two. Hindari penggunaan produk berbentuk bedak karena akan memicu pertumbuhan jamur
3. Memastikan vagina selalu dalam keadaan kering saat berpakaian
four. Gunakan celana dalam yang kering
5. Celana dalam yang mudah menyerap keringat layak untuk dijadikan pilihan tepat
6. Sebisa mungkin hindari pemakain celana jins karena akan mengganggu masuknya udara ke body organ essential
7. Teratur mengganti pembalut saat menstruasi

Faktor Pemicu/Penyebab Keputihan (Pek Tay) Pada Alat Kelamin Wanita
Tue, 24/02/2009 – 12: 16am — godam64

Pengertian umum dari keputihan adalah penyakit kelamin pada perempuan (vagina) di mana terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap serta bisa menyebabkan rasa gatal. Hampir semua wanita  pernah mengalami keputihan Obat keputihan atau pektay dalam bahasa tiongkok.

Penyakit gangguan alat reproduksi wanita ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu jamur, bakteri, computer virus serta parasit. Di bawah ini merupakan penjelasan singkat masing-masing faktor pemicu atau penyebab keputihan tersebut:

* Jamur

Umumnya disebabkan oleh jamur candidiasis yang menyebabkan rasa gatal di sekitar vulva or vagina. Warna cairan keputihan akibat jamur berwarna putih kekuning-kuningan dengan bau yang khas. Keputihan jamur bisa diakibatkan oleh kehamilan, penggunaan pil KB, steroid, diabetes, obesitas, antibiotik, daya tahan tubuh rendah, serta lain sebagainya.

* Bakteri

Biasanya diakibatkan oleh bakteri gardnerella serta keputihannya disebut microbial vaginosis dengan ciri-ciri cairannya encer dengan warna putih keabu-abuan beraroma amis. Keputihan akibat bakteri biasanya muncul saat kehamilan, gonta-ganti pasangan, penggunaan alat kb spin out of control atau iud serta lain sebagainya.

* Computer virus

Keputihan yang diakibatkan oleh computer virus biasanya bawaan dari penyakit hiv/aids, condyloma, herpes virus serta lain-lain yang bisa memicu munculnya kanker rahim. Keputihan computer virus herper menular dari hubungan seksual dengan gejala ada luka melepuh di sekeliling liang vagina dengan cairan gatal serta rasanya panas. Sedangkan condyloma memiliki ciri gejala ada banyak kutil tubuh dengan cairan yang bau yang sering menyerang ibu hami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar